Rumah Kaum Merdeka Wong Banjarnegara

Banner 468

Facebook
RSS

Perindo Akan Bangun Bank Perkreditan Rakyat Berbunga Murah

-
Unknown


Hary Tanoesoedibjo
Hary Tanoesoedibjo
SEMARANG - Organisasi masyarakat Persatuan Indonesia (Perindo) berencana membangun Bank Perkreditan Rakyat. Sesuai namanya bank ini akan dibangun untuk rakyat, seperti usaha kecil, buruh dan petani.

"Marginnya 50% lebih murah dari bank pemerintah. Karena ini kegiatan sosial margin hanya untuk menutupi biaya operasional saja," kata Hary Tanoesoedibjo, dalam acara Kuliah Umum di Kampus IAIN Walisongo, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/4/2013).

Seperti diketahui pembiayaan dari bank-bank selama ini untuk usaha kecil justru dipatok dengan bunga mencekik leher. Maklum usaha kecil dinilai memiliki resiko lebih tinggi dibanding usaha korporasi yang bisa tawar menawar bunga.

Sekadar gambaran, industri perbankan saat ini mematok bunga sekitar 2%-3% per bulan. Berdasarkan penelitian Bank Indonesia pelaku usaha mikro masih menanggung beban suku bunga pinjaman bank kredit mikro sekitar 30% per tahun. Bandingkan dengan pinjaman untuk korporasi yang bisa berkisar antara 8%-11% per tahun.

Hary menjelaskan, penyaluran pembiayaan tersebut selain langsung, juga melalui koperasi-koperasi. Seperti koperasi buruh, nelayan dan tani. Dia bilang koperasi-koperasi saat ini harus terus didorong untuk performa terbaik untuk kesejahteraan anggota koperasi itu dan lingkungannya. 

Tak berhenti disitu Perindo juga akan memberikan pendampingan dan pelatihan. Kegiatan sosial ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat bawah. 

Menurut Hary program ini bisa terus berkelanjutan untuk membantu masyarakat. "Kami tidak akan pernah berhenti untuk membuat terobosan-terobosan untuk rakyat," kata Hary.

Seperti diketahui, Pria yang belum genap 48 tahun tersebut baru saja mengakuisisi 30% saham Bank ICB Bumi Putera Tbk (BABP) melalui MNC Kapital Tbk (BCAP). Perjanjian jual beli beli tersebut diteken 2 April lalu..

Sumber: news okezone.com 


Ormas Perindo Berencana Dirikan BPR

 

Sumber:  http://www.antarakalbar.com/berita/311987/ormas-perindo-berencana-dirikan-bpr


Perindo Bakal Dirikan BPR

Hary Tanoesoedibjo

Skalanews - Tingginya bunga kredit membuat Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Persatuan Indonesia (Perindo) prihatin. Atas dasar itulah, ormas besutan Hary Tanoesoedibjo ini bakal mendirikan bank perkreditan rakyat (BPR) yang diperuntukkan bagi usaha kecil, buruh dan petani dengan 'margin' lebih murah.

"'Margin--nya 50 persen lebih murah dari bank pemerintah. Karena ini kegiatan sosial maka margin hanya untuk menutupi biaya operasional saja," kata Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu (13/4).

Penyaluran pembiayaan itu, menurut dia, selain diberikan langsung juga melalui koperasi-koperasi, seperti koperasi buruh, nelayan dan petani. ia menjelaskan, koperasi yang ada di Indonesia harus terus didorong agar menghasilkan performa terbaik bagi kesejahteraan anggotanya dan lingkungan sekitar.
"Kami tidak akan pernah berhenti untuk membuat terobosan-terobosan untuk rakyat," kata Hary yang saat ini duduk sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Hanura.

Usaha kecil, dinilai dia, memiliki risiko lebih tinggi dibanding usaha korporasi yang bisa tawar menawar bunga. Perindo, menurut Hary, akan terus memberikan pendampingan dan pelatihan untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Dalam rilis tersebut diberikan gambaran bahwa industri perbankan saat ini mematok bunga sekitar 2-3 persen per bulan. Lalu berdasarkan penelitian Bank Indonesia bahwa pelaku usaha mikro masih menanggung beban suku bunga pinjaman bank kredit mikro sekitar 30 persen per tahun sedangkan untuk korporasi antara 8-11 persen per tahun. [mad/ant]
Sumber: http://skalanews.com/berita/detail/143182/Perindo-Bakal-Dirikan-BPR 
 

Leave a Reply